Rabu, 03 April 2013

Ulat Butuh Kepompong




Semua perjalanan pasti berujung pada keakhiran. Setiap sebelum fase–fase keakhiran berakhir, terdapat sebuah ujian untuk melangkahkan kemana tujuan tersebut akan melangkah untuk tahap selanjutnya. Begitu pun untuk meningkatkan derajat, Dari SD melangkah ke SMP dan berakhir di SMA untuk menuju ke universitas tinggi. Sebagai tiket agar bisa meningkatkan derajat para pelajar diadakanlah sebuah ujian yang sering kita sebut UNAS.

                Semangat belajar menjadi pion terpenting dalam kasus ini. Jika tak ada semangat belajar ia takkan berusaha untuk menghadapi ujian ini, jika tak ada usaha akan berujung pada kemalasan, kemudian ia mulai menyepelekan ujian tersebut dan akhirnya ia menyesal di kemudian hari. jadi semangat belajar sangat penting untuk meluluskan ujian negara.
                Jika hanya belajar namun tak besemangat, maka akan susah dan hampir takkan bisa untuk menghasilkan sebuah hasil yang memuaskan, seperti Sang Ulat, jika tak ada kepompong ia takkan berubah menjadi kupu-kupu yang indah. Belajar ibaratkan seekor ulat sedangkan hasil memuaskan merupakan kupu-kupu yang indah, untuk menjadi kupu-kupu indah harus menjadi kepompong dulu agar sang ulat dapat berreinkarnasi dengan sempurna, kepompong menjadi ibarat dari semangat untuk belajar. Jadi jika kita hanya belajar tanpa semangat, maka akan berujung pada kemalasan yang berakhir menuju kegagalan.      
                Maka mari kita tumbuhkan rasa semangat belajar dalam kehidupan kita yang terlebih untuk para pelajar yang akan menghadapi ujian nasional bahwa kita sangat butuh semangat dan jangan sampai semangat kita hilang meski banyak godaan yang menggairahkan.


Penulis : Khawarizmi Aslamriadi  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar