Selasa, 26 Maret 2013

DINAMIKA MASYARAKAT

    
Tahun 2012 atau disebut-sebut sebagai tahun naga pada kalender cina, Tahun keberuntungan (prosperity). Namun secara riilnya keberuntungan itu abstrak dan tidak dapat ditentukan kapan datang dan pergi.
Menginjak tahun 2012 ini, rasanya ‘ampang’ kalau tidak membahas tentang globalisasi. Karena mungkin globalisasi menjadi faktor kita dalam mencari keberuntungan atau peluang-peluang untuk bangkit agar menjadi seperti yang kita inginkan. Mungkin pada benak kita bertanya-tanya : apa itu globalisasi sebenarnya ???. Mungkin ungkapan yang pas untuk mengekspresikan kata globalisasi adalah adanya proses input dan output secara signifikan. Masuknya pengaruh budaya, politik maupun ekonomi dari luar. Dengan ini menjadikan masyarakat ada dalam dua pihak yang bersebelahan. Ada beberapa yang pro dengan globalisasi maupun kontra dengannya, karena diprediksikan akan banyak perubahan dinamika-dinamika sosial dan ekonomi pada masyarakat.
Pada akhirnya, langkah dan proyek terbesar yang menjadi ‘Gong’ pada era globalisasi adalah pasar bebas, yang diprediksikan akan diberlakukan di indonesia pada tahun 2014 atau tahun-tahun selanjutnya. Hal ini secara tidak langsung mempengaruhi langkah-langkah yang diambil oleh pemerintah, yaitu modernisasi atau mensosialisasikan lifestyle atau gaya hidup yang cenderung pada masyarakat modern, agar masyarakat indonesia tidak kaget pada masa-masa mendatang. Yang dibuktikan dengan kebijakan-kebijakan bapak presiden Sulsilo Bambang Yudhoyono yang mengarahkan kita pada modernisasi.
Proses perubahan yang mengandung unsur modernisasi secara tidak langsung terdapat hal-hal positif dan negatif, mungkin yang akan kita rasakan hal positifnya adalah banyaknya informasi keluar-masuk, dengan ini kita akan menjadi lebih kritis dan kreatif dalam menanggulangi perubahan zaman. Namun dengan ini mungkin ada sebagian yang tidak bijak dalam menyikapi perubahan zaman atau menyalahgunakannya.
Para ashab buletin Al-Amin. sekarang tergantung kita, mana yang akan kita pilih. Menyikapinya dengan positif atau sebaliknya. Semoga bermanfaat dan kita dapat bertahan dengan perubahan-perubahan yang akan terjadi. Wassalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar