Minggu, 26 Mei 2013

Islam humanisme


Setiap orang islam yang taat menjalankan ajaran agamanya atau santri dan yang sadar akan tugas dan kewajiban keagamaanya, maka bisa dipastikan syariat atau ajaran islam sebagai sumber utama dan satu-satunya kebenaran dan tata nilai hidupnya, baik secara pribadi,keluarga,bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Dilandasi dengan keyakinan bahwa tata nilai yang berasal dari sang pencipta pasti mutlak benarnya dan paling cocok untuk makhluknya, maka mereka akan senantiasa berusaha sekuat tenaga agar tata nilai kehidupan dari Allah ini menjadi tata nilai kehidupan manusia.
Islam adalah agama kemanusiaan. Oleh karena itu umat islam harus mengakui sepenuhnya kepada kemanusiaan. Kita tidak boleh serta-merta mengatas namakan agama sebagai dasar untuk melakukan tindak kekerasan, atau memaksakan agama terhadap orang lain. Pehaman agama sangat tergantung pada kapasitas intelektual dan tantangan zaman yang dihadapi serta kemampuan seseorang dalam mengamalkanya. Oleh karena itu, pemahaman agama jelas bersifat relatif.
Dewasa ini banyak tindak kekerasan yang mengatas namakan agama untuk mengklaim kebenaran sepihak untuk saling bunuh-membunuh. Ini disebabkan karena agama selalu mengajarkan kasih sayang yang luhur, sementara agama sendiri memicu untuk terjadi konflik.
Oleh karena itu sebaiknya beragama merupakan suatu proses pencarian kebenaran yang terus menerus. Selain itu, beragama juga bersifat terbuka mau menerima keberadaan agama lain, serta mau untuk menerima pendapat dan kritik dari orang lain.
Kesimpulan yang mendasari dari uraian tersebut, yakni sebaiknya bergama berprinsip pada al-hani fiyyah, al-sam’ah, semangat kebenaran serta perasaan lapang dada. Karena untuk mengungkap kebenaran sejati adalah tugas Allah dan tugas manusia hanyalah menghargai sesama manusia.

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar